Tips Menghindari Keputihan

Banyak perempuan yang sering mengeluh memiliki masalah keputihan. Bagi mereka rasanya sangat tidak nyaman, berbau bahkan perih. Sebenarnya penyebab keputihan adalah jamur yang timbul akibat organ intim kita tidak dijaga kebersihannya.

Infeksi jamur atau Candida albicans umumnya dipicu oleh faktor dari dalam maupun luar tubuh seperti : kehamilan, obesitas / kegemukan, pemakaian pil KB, obat-obatan tertentu seperti steroid, antibiotik, riwayat diabetes / penyakit kencing manis, daya tahan tubuh rendah, iklim, panas, dan juga kelembaban.

Organ intim kita memang sangat sensitif dengan kondisi lingkungan kita, karena letaknya yang sangat tersembunyi dan tertutup. Miss cheerful kita memerlukan suasana yang kering atau tidak lembab. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan perkembangbiakan jamur dan bakteri pathogen yang akhirnya menimbulkan keputihan. Sebenarnya dalam organ intim kita sendiri terdapat flora yang terdiri dari bakteri yang baik dan berfungsi untuk keseimbangan ekosistem dan menjaga tingkat keasaman atau pH normal dalam organ intim kita.

Nah, kalian tidak perlu pusing lagi untuk mencegah masalah yang satu ini. Kali ini whatzups.com akan memberikan solusinya :

1. Biasakan menjalani pola hidup yang sehat dengan diet yang seimbang, olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan hindari rokok serta alcohol atau stress yang berkepanjangan.
2. Setia pada pasangan anda. Gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit menular seksual.
3. Jaga kebersihan organ intim kita dengan menjaganya tetap kering dan tidak lembab.
4. Biasakan membasuh dengan cara yang benar tiap kali buang air yaitu dari arah depan ke belakang.
5. Jangan terlalu sering mengenakan cairan pembersih khusus organ intim kita. Konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
6. Jangan pernah menggunakan bedak, tissue atau sabun karena dapat menyebabkan iritasi
7. Hindari pemakaian barang-barang yang memudahkan penularan seperti meminjam perlengkapan mandi dsb. Biasakan membersihkan dudukan kloset sebelum menggunakan toilet umum.
8. Kenakan celana yang bahannya dapat menyerap keringat terbuat dari katun), hal ini untuk menghindari peningkatan kelembabandan iritasi yang dapat menimbulkan infeksi. Dan gantilah celana dalam secara rutin, terutama jika anda merasa daerah itu sering berkeingat. Misalnya 2 kali sehari.
9. Hindari memakai pembalut wanita diluar masa haid (kecuali bila memang diperlukan).
10. Untuk anda yang sudah menikah disarankan untuk memeriksakan diri sekurang kurangnya 3 bulan sekali. Ini untuk mencegah penularan penyakit kelamin.
11. Kurangi asupan gula dan makanan yg terbuat dari karbohidrat buatan, seperti mi, roti dan kue kecil sejenisnya.
12. Tidak disarankan untuk menggunakan vagina douche yang dijual umum, tampon deodorant atau produk lain yg mengandung parfum. Douching tidak disarankan saat hamil karena dikhawatirkan udara masuk kedalam system badan anda melalui vagina.
13. Gunakan ramuan tradisional dari daun sirih untuk mengobati keputihan anda. Ambil 15 lembar daun sirih dan rebus dalam 2 liter air. Lalu setelah dingin airnya digunakan untuk membilas organ intim, sehari 2 kali.

Ingat menjaga kebersihan organ intim anda adalah penting. Apabila anda terlanjur memiliki masalah keputihan, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anda. Selamat mencoba!!

Sumber : http://whatzups.com/?menu=23&nxid=2148&title=Tips-Menghindari-Keputihan



No comments: