Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Pisang Bagi KesehatanKarena mudah tumbuh, hampir semua orang pernah makan buah pisang. Atau setidaknya pernah melihatnya di pasar, warung atau restoran, sebagai hidangan pencuci mulut. Rasanya yang manis membuat banyak yang jatuh hati padanya. Untungnya, buah pisang ternyata juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan kita — bahkan termasuk kulitnya – sehingga tidak rugi apabila kita menyantapnya secara rutin. Kandungan gizi yang kumplit di dalamnya — termasuk kalori, protein, lemak, karbohidrat, vitamin (A, B, C), serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan air — menjadikannya sebagai salah satu buah yang dapat diandalkan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Berikut ini berbagai manfaat pisang bagi kesehatan, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Sumber Kekuatan Tenaga


Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

Baik Untuk Ibu Hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun jangan terlalu berlebihan karena satu buah pisang sudah mengandung sejumlah 85 – 100 kalori.

Menyembuhkan Anemia

Dua buah pisang yang dimakan setiap hari oleh penderita anemia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi karena kandungan Fe (zat besi) yang tinggi di dalamnya.

Obat Penyakit Usus Dan Perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit susu. Resep ini juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong. Krim pisang (seperti untuk makanan bayi) dapat pula digunakan untuk menyembuhkan diare.

Baik Untuk Penderita Lever

Penderita penyakit lever / liver dapat mengkonsumsi dua buah pisang plus satu sendok madu untuk menambah nafsu makan dan membuat kuat.

Obat Diabetes

Di Gorontalo (Sulawesi Utara) terdapat jenis pisang Goroho, yakni pisang khas daerah setempat. Pisang ini merupakan makanan bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang Goroho yang belum matang. Caranya, pisang Goroho tersebut dikukus lalu dicampur dengan kelapa muda yang diparut.

Mengatur Atau Menurunkan Berat Badan


Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seseorang. Dengan berdiet empat buah pisang dan empat gelas susu non-fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Menu tersebut menyehatkan meski jumlah kalorinya hanya 1250.

Membantu Orang Yang Sedang Berhenti Merokok

Kandungan vitamin B6, B12, potasium, dan magnesium yang ada dalam pisang dapat membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat nikotin. Potasium sendiri merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Ini cocok bagi mereka yang kecanduan merokok dan sedang berusaha untuk menghentikannya.

Selain khasiat-khasiat di atas, berikut ini beberapa manfaat pisang lainnya.
  • Membantu melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, dan polio.
  • Menurunkan tekanan darah yang tinggi, dengan mengkonsumsi dua buah pisang per hari.
  • Meredakan depresi
  • Mengurangi / meredakan penyakit jantung
  • Mengurangi rasa sakit atau pegal-pegal di pagi hari bila dikonsumsi setelah sarapan
  • Mengurangi iritasi atau bengkak akibat gigitan serangga. Caranya, olesi bagian yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pisang.
  • Mengurangi resiko kematian akibat stroke




1 comment:

mangg4muda said...

tips yang sangat bermanfaat. tks ya