Aneka Jenis Lulur Tradisional Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kulit

Kulit manusia dapat menjadi lebih baik jika senantiasa dirawat lebih awal. Dengan pemakaian lulur tradisional secara teratur, sel-sel mati dapat terlepas sehingga regenerasi kulit baru menjadi tumbuh dengan baik dan menghindari penuaan dini. Selain itu manfaat lulur juga membuat kulit terhindar dari kering dan bersisik, harum dan segar.

Ada banyak sekali Jenis-jenis lulur tradisional dan manfaatnya diantaranya sebagai berikut : Lulur terbuat dari bahan-bahan alami bisa ekstrak rempah, daun-daunan, bunga, susu, coklat, coffee, juga buah-buahan. Ada bermacam jenis lulur yang mengandung berbagai macam zat-zat alami di dalamnya. Setiap bahan dan zat-zat tersebut akan memberikan manfaat yang bermacam-macam bagi kulit.

Khasiat Lulur Melati:
Sari minyaknya diambil dari bagian bunga melati mempunyai efek menyejukkan, yang berfungsi untuk relaksasi dan mencerahkan kulit, menyeimbangkan pikiran dan jiwa, menjadikan kulit putih dan bersinar, serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Khasiat Lulur Kuning:
Lulur kuning jawa (Lulur Temugiring) mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, temu giring dan lain-lain yang fungsinya untuk mendinginkan kulit, menghaluskan dan menyegarkan kulit, mbersihkan kulit yang kusam agar kulit tampak kuning langsat yang merupakan warna kulit asli indonesia, serta mengharumkan kulit sehingga membuat lebih percaya diri.

Khasiat Lulur Bengkoang:
Lulur ini berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Bengkuang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkuang menyegarkan kulit, dan melembabkan.

Khasiat Lulur Kemuning:
Sejak dahulu kemuning dipercaya menyimpan berbagai manfaat yang tidak ternilai harganya untuk perawatan kulit, wanginya yang eksotis ternyata mengandung berbagai senyawa kimia yang berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, menghaluskan dan melembabkan kulit, mendinginkan kulit, mengangkat sel-sel mati kulit mati, membunuh bakteri pada tubuh, mengurangi bau badan yang tak sedap serta mengharumkan tubuh.


Khasiat Lulur Kopi:
Bubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak, sehingga lulur kopi dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah. Menghilangkan lelah pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi. Antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat mencegah penuaan dini, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Kulit menjadi cerah, lembab, halus.

Khasiat Lulur Coklat:
Lemak coklat atau cocoa butter yang terkandung dalam lulur coklat berkhasiat melembutkan, menghaluskan kulit. Lulur coklat juga dapat memutihkan/mencerahkan kulit. Selain itu adanya katekin (catechin) yang merupakan antioksidan yang kuat yang ada dalam coklat dapat mencegah penuaan dini, mencegah keriput, dan melindungi kulit dari polusi menjadikan kulit bercahaya dan awet muda.

Khasiat Lulur Boreh:
Perawatan ini akan diawali dengan pemijatan agar peredaran darah kita lancar yang diikuti dengan saluran getah bening yang lancar. Saluran getah bening atau lymph drainage adalah saluran pembuangan kering dan sisa pembakaran tubuh. Setelah pemijatan, terapis akan mengoleskan boreh yang merupakan campuran bubuk boreh dengan sari air mawar. boreh, terbuat dari rempah-rempah alami yang terdiri dari kunyit, cengkeh/pala, lengkuas, jahe, kayu manis.
Fungsinya untuk memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh. Jika kita sedang mengalami gejala flu, keletihan, dan pegal-pegal, silahkan melakukan perawatan lulur boreh.

Khasiat Lulur Lumpur:
Lulur Lumpur dapat melancarkan peredaran darah selain itu partikel lumpur dapat membantu mengangkat kotoran sampai ke pori-pori kulit agar kulit menjadi bersih dan bisa bernafas serta siap menerima nutrisi. Lulur Lumpur juga bisa mengatasi problem kulit diantaranya psoriasis, eczema, acne(jerawat), kulit kering, gatal-gatal, mencegah keriput, melembabkan kulit, mengatasi dehidrasi kulit, merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat, juga dapat membantu problem rheumatism dan masalah pada persendian.


Khasiat Lulur Green Tea:
Lulur ini bemanfaat untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan debu, memberi nutrisi pada kulit. memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit keriput, mengandung zat antioxidan, menghilangkan bekas jerawat, flek-flek, menghilangkan selulit, mencegah kanker kulit.

Khasiat Lulur Susu:
Susu kaya akan zat asam beta hydroxy alami, campuran susu dalam lulur ini tidak saja berguna sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati tetapi juga dapat mencerahkan kulit sehingga terlihat lebih halus dan tidak bersisik. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga berguna sebagai suplai nutrisi yang berfungsi melembabkan sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebih halus dan kenyal. Dapatkan kulit cerah bersinar dengan lulur susu (Milk).

Khasiat Lulur Strawberry:
Buah yang satu ini banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang membantu mengencangkan kulit, serta vitamin B, C, E, dan K. Lulur strawberry selain untuk mengencangkan kulit juga menyehatkan dan meremajakan kulit. Wewangiannya yang khas menjadikan lulur ini cocok untuk terapi relaksasi.

Khasiat Lulur Lavender:
Lavender berasal dari bahasa Romawi Lavare, yang berarti menenangkan. Lavender mengandung Linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Juga dapat menghaluskan kulit terbakar, bekas luka atau terkelupas.

Khasiat Lulur Alpukat:
Avocado atau buah Alpukat kaya akan vitamin E, dan mengandung omega 3, sehingga dapat menjadi antioksidan yang baik, mencegah penuaan dini, dan sebagai pelembab kulit alami. Buah alpukat juga bersifat anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Cocok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan (AC).

Khasiat Lulur Rumput Laut:
Kandungan vitamin C dan klorofil yang terdapat dalam rumput laut (seaweed) dapat melawan radikal bebas, rumput laut bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini, mencerahkan kulit, dan menghilangkan noda-noda di kulit, serta menjadikan kulit lebih bercahaya.

Khasiat Lulur Lemon:
Lemon mengandung banyak zat dan vitamin yang bermanfaat untuk body detox, slimming dan mengurangi kadar lemak dibawah kulit. Selain itu aroma lemon membantu untuk menjernihkan pikiran, memberikan ketenangan, mengurangi strees dan rasa kaku.

Khasiat Lulur Ketan Hitam:
Para wanita di Kalimantan biasanya menggunakan bahan lulur Ketan Hitam ini pada prosesi perawatan pra nikah. Pekatnya ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, juga mengandung antioksidan, mengandung pelembab alami, serta dapat mendinginkan kulit.

Khasiat Lulur Pinang:
Lulur tradisional yang terbuat dari bahan herbal pinang mengandung anti oksidan, serta anti septik. Baik untuk menjaga kehalusan serta keremajaan kulit, menghilangkan flek serta noda di kulit.

Khasiat Lulur Kacang Hijau:
Lulur kacang Hijau kaya akan vit E, vit C, vit B1 dan banyak mineral yang berguna sebagai makanan untuk kulit. Bermanfaat untuk peremajaan kulit, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat dan flek hitam.

Khasiat Lulur Cinnamon:
Cinnamon atau kayu manis, kandungan alami yang dimiliki kayu manis mampu memberi nutrisi pada kulit, menjadikan kulit lebih sehat serta lebih bersih bercahaya, aroma wangi yang alami dalam kayu manis bisa menghilangkan bau badan , mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, paduan rempah kayumanis yang menenangkan akan membersihkan tubuh sekaligus meredakan rasa lelah.

Khasiat Lulur Mawar:
Menjadikan kulit halus dan lembut, kandungan alami yang dimiliki bunga mawar membantu melawan tanda- tanda penuaan dan melindungi kulit dari keriput dan peradangan, mawar membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit sehingga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim, sifat antibakteri dalam air mawar mampu membersihkan kulit secara menyeluruh namun tetap lembut, meratakan & mencerahkan warna kulit, menjadikan kulit lebih bersih bercahaya, mengangkat kotoran pada kulit, mengangkat sisa sel-sel kulit yang telah mati kemudian meremajakannya kembali.

Khasiat Lulur Cendana:
Lulur tradisional yang berbahan dasar kayu cendana ini bermanfaat untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan debu, memberi nutrisi pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, memutihkan kulit, menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit keriput serta dapat menghilangkan bau badan dan memberikan keharuman pada tubuh yang tahan lama.



Sumber:  
http://www.amelialulur.com/



9 comments:

Unknown said...

mantap infonya , kl mau coba lulur yg udah jadi bisa coba lulur bali ratih ada banyak variannhya lo

ArShi Shop said...

maknyus ada juga LULUR IBU dijamin herbal tanpa pengawet,pewangi,pewarna loh beib

Unknown said...

ada tambahan varian lulur:

- Lulur Beras Merah
- Lulur Sereh

Unknown said...

sedia ratus v spa

Unknown said...

artikelnya sangat bagus dan inspiratif.
semoga postingan yang lain juga bagus dan menarik untuk disimak gan.
ane ijin buat nyimak dan nitip link ya gan..


http://rentalmobilalamsyah.blogspot.com/
http://alamsyahgroup.wordpress.com/
http://jilbabkuu.wordpress.com/
http://rentalmobilbanyuwangialamsyah.wordpress.com/

sukses terus untuk blognya dan semoga bisa menjadi manfaat buat rekan - rekan yang suka googling dan cari tambahan informasi ya gan.

---------->>>> salam .....

Unknown said...

Trims...Artikelnya sangat bagus dan membantu sekali..
oya untuk menjaga kaki agar tetep lembut dan cantik apakah membutuhkan bantuan kaos kaki wanita atau tidah agar kaki tidak belang saat terkena sinar matahari....

Susu Kambing Etawa said...

banyak juga jenis2 lulurnya
Kalau lulur boreh itu terbuat dari apa?
baru dengar......

SIp postingannya

Unknown said...

untuk perawatan lulur yang baik itu berapa bulan sekali...
dan kalau untuk tempat distributor kaos kaki muslimah yang koleksinya lengkap dimana ya..

Obat Tradisional said...

terimakasih banyak buat pembahasannya, sangat bermanfaat sekali..