Bagaimana cara tubuh membakar kalori?

Metabolisme artinya cara tubuh mengolah makanan menjadi energi dan sisanya disimpan sebagai lemak. Semakin tua, sistem metabolisme juga semakin berubah. Namun sebenarnya bagaimana cara kerja dari metabolisme dalam membakar kalori? Simak jawabannya seperti yang dilansir dari Indiatimes berikut ini.

Laju metabolisme basal
Tubuh membakar kalori saat Anda berdiri dalam waktu lama, menonton televisi, duduk di depan komputer, atau bahkan ketika tidur. Sebab tubuh butuh energi untuk melakukan aktivitas tersebut. Banyaknya kalori yang digunakan disebut laju metabolisme basal, sekitar 65-75 persen total kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Pria, penderita obesitas, dan orang muda membakar kalori lebih banyak daripada wanita, mereka yang kurus, dan orang yang lebih tua. Laju metabolisme itu menurun 10 persen setelah seseorang mencapai usia 30 tahun. Alasannya adalah semakin tua, semakin banyak otot yang digantikan dengan lemak.

Aktivitas fisik
Tubuh juga akan membakar kalori saat Anda melakukan aktivitas berat. Misalnya berolahraga, naik turun tangga, atau bahkan berdebat dengan saudara. Kalori yang dibakar dari aktivitas ini adalah sekitar 15-30 persen.

Proses mencerna
Terakhir, sisa kalori 5-19 persen dibakar ketika Anda mencerna, menyerap, dan menyalurkan hasil sumber makanan menjadi energi ke seluruh tubuh.

Intinya, Anda harus banyak bergerak jika memang ingin kalori banyak terbakar. Tidak perlu khawatir membatasi asupan makanan jika Anda membakar kalorinya semaksimal mungkin.


sumber: http://www.merdeka.com/



No comments: