Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


Pernahkah anda menggunakan kayu masih, entah untuk memasak, merawat kecantikan atau kesehatan ? Kayu manis adalah salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk memasak dan membantu menyembuhkan gangguan kesehatan. Kayu manis juga banyak dipergunakan sebagai bahan kosmetika perawat kecantikan.

Tanaman yang berasal dari Yunani ini rasanya cukup manis, sehingga bisa dijadikan sebagai pemanis alami alternatif. Dalam bidang kosmetika, kayu manis biasanya diolah terlebih dahulu menjadi minyak kemudian dicampur dengan bahan lainnya. Berikut beberapa khasiat kayu manis:

1. Pelembab kulit
Dalam dunia kecantikan, kayu manis sangat penting untuk melembutkan kulit terutama kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat kayu manis tersebut anda bisa mencampur minyak kayu manis dengan minyak zaitun kemudian usapkan pada wajah selama 10 menit. Minyak kayu manis bisa mengurangi kerutan pada wajah, flek hitam dan garis halus.

2. Mengatasi jerawat
Selain menghaluskan kulit, minyak kayu manis juga bisa mengatasi jerawat yang membandel. Campur kayu manis dengan sedikit madu kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mengurangi kadar kolesterol
Kadar kolesterol dalam darah yang cukup tinggi tentu sangat berbahaya, namun anda bisa menguranginya dengan konsumsi kayu manis. Khasiat kayu manis untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah bisa didapat dengan mengkonsumsinya setiap hari sebagai pengganti gula pasir.

4. Mencegah diabetes
Bagi anda yang takut terkena diabetes, silahkan mengganti gula anda dengan kayu manis. Kayu manis mampu mengontrol gula darah sehingga gula darah tetap normal dan diabetes bisa dicegah.

5. Melangsingkan tubuh
Anda yang memiliki kelebihan berat badan, khasiat kayu manis juga bisa mengurangi lemak dalam tubuh sehingga anda terlihat lebih langsing.

Kayu manis memang jarang dipakai sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan ataupun minuman. Bahan rempah ini biasanya dipakai sebagai bumbu ataupun bahan tambahan untuk menambah kelezatan makanan atau kesegaran minuman. Minuman herbal yang sering menggunakan ramuan kayumanis adalah minuman jahe, secang, beras kencur, dsb.



No comments: